Minggu, 10 Februari 2019

MANFAAT MENDONGENG DARI ORANG TUA KE ANAK

1. Mengeratkan hubungan orang tua dan anak 
Mendongeng jika dilakukan orang tua baik Ayah atau Bunda maka bisa memperbaiki dan meningkatkan keeratan hubungan keduanya. Terlebih jika orang tua sibuk seharian bekerja dan memanfaatkan waktu berkualitas dengan cara mendongengkan anak cerita membuat anak merasa dekat dan aman. Cerita seru di dalam sebuah dongeng membuat orang tua dan anak saling tertawa bersama, ada dialog, diskusi tanya jawab, dan lain sebagainya. Hal tersebut secara tidak langsung membuat kedekatan orang tua dan anak semakin baik dan berkualitas.

2. Menanamkan nilai moral kehidupan 
Cerita atau dongeng merupakan media efektif untuk menanamkan berbagai nilai moral dalam kehidupan, misalnya mulai dari kejujuran, rendah hati, bagaimana bekerjasama dan berbagi, kerja keras, kebesaran ciptaan Allah. Selain itu berbagai kebiasaan sehari-hari juga bisa orang tua tanamkan melalui cerita, misalnya pentingnya menggosok gigi, khasiat makan sayur dan buah, dan kemandirian seperti mampu mandi dan makan sendiri. Nilai keteladanan juga bisa kita tanamkan dengan cerita, misalnya menceritakan tokoh tertentu yang memiliki sikap yang patut menjadi tauladan anak. Terkadang anak lebih mudah di jelaskan melalui imaginatif sebuah cerita yang bergambar dan penuh warna dibandingkan hanya sekedar kata-kata saja.

3 . Menumbuhkan minat baca anak 
Mendongeng dapat menjadi langkah awal untuk menumbuhkan minat baca anak, di mulai dari menyukai cerita seru dalam kegiatan dongeng, membuat anak penasaran dengan berbagai cerita pada buku lainnya. Secara tidak disadari anak akan menyukai berbagai macam buku dan ketika anak sudah bisa membaca maka anak akan senang dengan buku. 

4. Menambah kreatifitas dan kecerdasan berfikir kritis
 Dengan mendongeng anak akan memasuki berbagai macam cakrawala yang mengasah kecerdasannya dalam berpikir. Ketika anak mendengarkan sebuah cerita yang belum diketahuinya biasanya anak merasa penasaran anak akan mengembangkan keterampilan bertanya dan mengkritisi sebuah cerita. Ide-ide kreatifnya diasah untuk memecahkan berbagai persoalan yang ditemui dalam sebuah cerita atau dongeng, dan hal ini sangat penting dan dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada anak. 

5. Meningkatkan kecerdasan bahasa dan komunikasi 
Untuk anak usia dini mendongeng dapat menambah skill anak dalam berkomunikasi dan menambah perbendaharaan baru. Di dalam sebuah dongeng anak mendengar berbagai macam kata-kata baru sehingga anak menjadi tahu dan menirukannya. Sedangkan bagi anak usia sekolah dasar dapat dikembangkan dengan memberikan ilmu pengetahuan yang ada dalam sebuah cerita.
BERSAMBUNG ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar