Minggu, 10 Februari 2019

MANFAAT MENDONGENG lanjutan ....

6. Mengasah imaginasi dan daya pikir 
Di dalam sebuah cerita anak akan membayangkan sebuah cerita yang didengarkan dan secara tidak langsung imaginasi anak mulai terasah. Beberapa anak akan ikut seolah-olah terlibat di dalam sebuah cerita tersebut, atau menambahkan ide-ide yang muncul dari imaginasinya. Hal ini mengasah daya pikir anak menjadi lebih baik, anak mampu menyimpulkan, menambahkan, dan membenarkan apabila ada cerita yang dirasa tidak tepat.

 7. Mengurangi pengaruh buruk gawai 
Akhir-akhir ini berbagai masalah psikologis datang dari efek negatif gawai atau gadget dan orang tua mulai sulit mengontrol. Padahal dengan menumbuhkan minat anak pada buku bacaan orang tua memberikan fasilitas yang tepat pada anak. Berbagai pilihan dongeng menarik anak membuat anak mengalihkan perhatian dari permainan modern, terlebih ada cerita yang menarik di dalamnya, misal ada tokoh favorit anak, hewan kesukaannya, atau gambar dan warna yang menarik anak melihatnya.

 8. Meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak 
Beberapa cerita yang melibatkan sosial emosional anak secara tidak langsung merangsang anak mengembangkan kemampuan dalam beradaptasi dilingkungan, anak menjadi memiliki teman dari tokoh tersebut yang akan membantunya lebih mudah memiliki teman di dunia nyata. Anak juga akan mengembangkan rasa empati (bagaimana merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain) dan hal tersebut penting untuk membangun karakter anak.

MasyaAllah banyak sekali ya..dan tentunya masih banyak sekali manfaat lainnya yang mungkin akan kita temukan ketika kita mendongengkan si Kecil

Di dalam psikologi sendiri mendongeng menjadi salah satu dalam terapi emosional pada anak, mengapa? Karena anak terkadang sulit memahami bahasa orang dewasa tetapi akan mudah melalui media yang penuh imaginasi sesuai dengan usianya

Jika kita sudah tahu manfaat yang begitu banyak dari mendongeng, lantas alasan apa untuk tidak membiasakan membacakan cerita untuk anak?

Lantas muncul pertanyaan, bagaimana sih cara mendongeng yang baik? 

Berikut Tips supaya mendongeng itu menjadi asyik dan menyenangkan serta membuat anak antusias mendengarkan cerita yang kita sampaikan?

tunggu bentar yaa.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar